Microsoft
Excel
A. Pengertian
Microsoft Excel
Microsoft excel adalah Program
aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka
(Aritmatika).
B. Tampilan
Menu Microsoft Excel
Gambar tampilan menu Microsoft Excel
:
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel:
1. Judul
Judul menampilkan judul program dan
dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang aktif.
2. Office
Button
Berisi barisan perintah untuk
pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka
dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses
Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan
Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya
menyimpan, mencetak dan sebagainya
4. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool
(gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan
mengefisienkan pengoperasian program
5. Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu,
maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms. Excel akan memberikan
alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud
6. Lembar
Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi
halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali
7. Cell
Cell merupakan
a)
Nomor Baris
b) Nomor
Kolom
c)
Nama Range
d) Fungsi
e)
Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan
menggulung layar vertikal dan horisontal
8. Row
Heading
Petunjuk lokasi baris pada lembar
kerja yang aktif. Berfungsi sebagai salah satu bagian dari petunjuk sel. Jumlah
baris yang disediakan 65.536 baris.
9. Column
Heading
Petunjuk lokasi kolom pada lembar
kerja yang aktif. Berfungsi sebagai salah satu bagian dari petunjuk sel.
Disimbolkan dengan abjad.
10. Cell
Pointer
Petunjuk sel yang aktif. Sel adalah
perpotongan antara kolom dengan baris.
11. Formula
Bar
Tempat untuk mengetikkan rumus-rumus
yang akan digunakan. Diawali dengan tanda “=”
C. Fungsi-Fungsi
pada Microsoft Excel
Fungsi adalah rumus yang telah
disediakan. Macam-macam fungsi antara lain:
1.
Fungsi
Average
Fungsi Average digunakan
untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
2.
Fungsi
Max
Fungsi Max digunakan untuk
mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk
penulisannya adalah: =MAX(number1,number2,……)
3.
Fungsi
Min
Fungsi Min digunakan untuk
mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisannya
adalah : =MIN(number1, number2,……)
4.
Fungsi
Sum
Fungsi Sum digunakan untuk
melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk
penulisannya : = SUM(number1, number2,……)
5.
Fungsi Left
Fungsi Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada
bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
6.
Fungsi
MID
Fungsi Mid ini digunakan untuk mengambil karakter pada
bagian tengah dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah : =MID(text,start_num,num_chars)
7.
Fungsi RIGHT
Fungsi Right ini digunakan
untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks. Bentuk
penulisannya adalah : =RIGHT(text,num_chars)
8.
Fungsi
HLOOKUP dan VLOOKUP
a)
Fungsi HLOOKUP
Fungsi Hlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara horizontal
(mendatar). Bentuk penulisannya adalah: =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
b)
Fungsi VLOOKUP
Fungsi Vlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara vertical
(tegak). Bentuk penulisannya adalah : =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
D. Rumus dengan Alamat Relatif
1.
Alamat
Relatif : alamat sel yang jika disalin menyesuaikan dengan tempat atau lokasi
yang baru.
2.
Ciri
Alamat Relatif : ketika rumus dicopy kebawah atau kekanan rumus yang dicopy
mengikuti alamat sel.
E.
Rumus
dengan Alamat Absolut
1. Alamat Absolut : sel yang kolom dan barisnya
terkunci, alamat ini ditandai dengan tanda “$” pada posisi kolom dan barisnya.
F.
Rumus
dengan Alamat Campuran Relatif dan Absolut
Perusahaan ABC
Perbedaan : kalau tidak dikunci rumusnya
berpindah, kalau dikunci rumusnya mengikuti awal.
G. Fungsi-fungsi Statistik
1. Average : digunakan untuk menghitung
nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
2. Count : digunakan untuk menghitung jumlah
data dalam suatu kelompok data. Bentuk penulisannya adalah :
=COUNT(value1;[velue2])
3. Counta : digunakan untuk menghitung nilai
yang ada dalam suatu kelompok data. Bentuk penulisannya adalah :
=COUNTA(value1;[value2])
4. Countblank : digunakan untuk menghitung
nilai yang kosong pada suatu range data. Bentuk penulisannya adalah :
=COUNTBLANK(range)
5. Countif : digunakan untuk menghitung jumlah
data yang sesuai kriteria tertentu pada suatu kelompok data. Bentuk
penulisannya adalah =COUNTIF(range;criteria)
6. Large : digunakan untuk menghitung nilai
terbesar yang ke-n dari sekelompok data. Bentuk penulisannya adalah :
=LARGE(array,k)
7. Small : digunakan untuk menghitung nilai
terkecil yang ke-n dari sekelompok data. Bentuk penulisannya adalah : =SMALL
(array,k)
8. Rank : menentukan ranking dari sekelompok
data, order diberi nilai 0 jika meranking data dari nilai yang terbesar, dan
diberi nilai 1 jikameranking data dari nilai terkecil. Bentuk penulisannya
adalah :
=RANK(number,ref,order)
H. Fungsi-fungsi Logika
1.
Fungsi IF
Untuk memilih di antara dua nilai berdasarkan dua kondisi yaitu
kondisi benar atau kondisi salah. Bentuk
penulisannya adalah : = IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
2.
Fungsi
AND, OR, NOT
Fungsi tambahan untuk mengembangkan tes kondisi
a)
Fungsi
AND : digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika semua ekspresi yang
digabungkan bernilai TRUE. Bentuk penulisannya adalah : =AND(logika1,logika2)
b)
Fungsi
OR : digunakan untuk memberi nilai TRUE jika salah satu ekspresi yang
digabungkan bernilai TRUE. Bentuk penulisannya adalah : =OR(logika1,logika2)
c)
Fungsi
NOT : digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika nilai yang diberikan logika
adalah FALSE, dan sebaliknya. Bentuk penulisannya adalah : =NOT(logika)
0 komentar:
Posting Komentar