Microsoft Excel


Microsoft Excel

A.  Pengertian Microsoft Excel
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).


B.  Tampilan Menu Microsoft Excel
Gambar tampilan menu Microsoft Excel :
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel:
1.    Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja
yang aktif.
2.    Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3.    Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
4.    Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program
5.    Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms. Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud
6.    Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali
7.    Cell
Cell merupakan
a)        Nomor Baris
b)       Nomor Kolom
c)        Nama Range
d)       Fungsi
e)        Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal dan horisontal
8.      Row Heading
Petunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Berfungsi sebagai salah satu bagian dari petunjuk sel. Jumlah baris yang disediakan 65.536 baris.
9.      Column Heading
Petunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Berfungsi sebagai salah satu bagian dari petunjuk sel. Disimbolkan dengan abjad.
10.  Cell Pointer
Petunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris.


11.  Formula Bar
Tempat untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan digunakan. Diawali dengan tanda “=”
C.  Fungsi-Fungsi pada Microsoft Excel
Fungsi adalah rumus yang telah disediakan. Macam-macam fungsi antara lain:
1.    Fungsi Average
Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
2.    Fungsi Max
Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisannya adalah: =MAX(number1,number2,……)
3.    Fungsi Min
Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range). Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1, number2,……)
4.    Fungsi Sum
Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk penulisannya : = SUM(number1, number2,……)
5.    Fungsi Left
Fungsi Left ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars).
6.    Fungsi MID
Fungsi Mid ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian tengah dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah : =MID(text,start_num,num_chars)
7.    Fungsi RIGHT
Fungsi Right ini digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kanan dari suatu teks. Bentuk penulisannya adalah : =RIGHT(text,num_chars)

8.    Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP
a)        Fungsi HLOOKUP
Fungsi Hlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara horizontal (mendatar). Bentuk penulisannya adalah: =HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
b)        Fungsi VLOOKUP
Fungsi Vlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara vertical (tegak). Bentuk penulisannya adalah : =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])
D.  Rumus dengan Alamat Relatif
1.    Alamat Relatif : alamat sel yang jika disalin menyesuaikan dengan tempat atau lokasi yang baru.
2.    Ciri Alamat Relatif : ketika rumus dicopy kebawah atau kekanan rumus yang dicopy mengikuti alamat sel.
E.   Rumus dengan Alamat Absolut
1.      Alamat Absolut : sel yang kolom dan barisnya terkunci, alamat ini ditandai dengan tanda “$” pada posisi kolom dan barisnya.
F.   Rumus dengan Alamat Campuran Relatif dan Absolut
Perusahaan ABC
Perbedaan : kalau tidak dikunci rumusnya berpindah, kalau dikunci rumusnya mengikuti awal.
G.  Fungsi-fungsi Statistik
1.      Average : digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)
2.      Count : digunakan untuk menghitung jumlah data dalam suatu kelompok data. Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1;[velue2])
3.      Counta : digunakan untuk menghitung nilai yang ada dalam suatu kelompok data. Bentuk penulisannya adalah :
=COUNTA(value1;[value2])
4.      Countblank : digunakan untuk menghitung nilai yang kosong pada suatu range data. Bentuk penulisannya adalah : =COUNTBLANK(range)
5.      Countif : digunakan untuk menghitung jumlah data yang sesuai kriteria tertentu pada suatu kelompok data. Bentuk penulisannya adalah =COUNTIF(range;criteria)
6.      Large : digunakan untuk menghitung nilai terbesar yang ke-n dari sekelompok data. Bentuk penulisannya adalah : =LARGE(array,k)
7.      Small : digunakan untuk menghitung nilai terkecil yang ke-n dari sekelompok data. Bentuk penulisannya adalah : =SMALL (array,k)
8.      Rank : menentukan ranking dari sekelompok data, order diberi nilai 0 jika meranking data dari nilai yang terbesar, dan diberi nilai 1 jikameranking data dari nilai terkecil. Bentuk penulisannya adalah :
=RANK(number,ref,order)
H.  Fungsi-fungsi Logika
1.    Fungsi IF
Untuk memilih di antara dua nilai berdasarkan dua kondisi yaitu kondisi benar atau kondisi salah. Bentuk penulisannya adalah : = IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
2.    Fungsi AND, OR, NOT
Fungsi tambahan untuk mengembangkan tes kondisi
a)        Fungsi AND : digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika semua ekspresi yang digabungkan bernilai TRUE. Bentuk penulisannya adalah : =AND(logika1,logika2)
b)        Fungsi OR : digunakan untuk memberi nilai TRUE jika salah satu ekspresi yang digabungkan bernilai TRUE. Bentuk penulisannya adalah : =OR(logika1,logika2)
c)        Fungsi NOT : digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika nilai yang diberikan logika adalah FALSE, dan sebaliknya. Bentuk penulisannya adalah : =NOT(logika)

0 komentar:

Posting Komentar