Rangkaian Lampu Berjalan

Rangkaian Lampu Berjalan.



·         Komponen yang digunakan :
1)      Clock
2)      IC 4017B
3)      LED
·         Pengertian dari komponen yang digunakan :
1)    Clock : salah satu masukan yang ada dalam beberapa rangkaian Flip-flop. berfungsi sebagai pengatur input yang bertujuan untuk merespon apakah keluaran pada rangkaian flip-flop tersebut akan berubah atau tidak. Flip-flop akan merespon inputan apabila sinyal pendetak (clock) telah tiba / aktif (nilai clock berlogika 1), dengan kata lain jika pulsa pendetak belum tiba / tidak aktif (nilai clock berlogika 0) maka flip-flop tidak akan merespon inputan yang masuk.

2)      IC 4017B :
jenis IC Pencacah Decade (Decade Counter) dengan 10 output. IC ini menghasilkan 10 Output yaitu dari Q0 – Q9, memiliki Clock. Clock Enable, Reset dan Carry Out masing– masing terdapat dalam satu pin. Pada setiap pencacahan hanya satu keluaran yang berlogika 1, ke sembilan keluaran lainnya berlogika 0, jadi setiap saat hanya ada satu keluaran yang dapat berlogika 1.
3)      LED
Light Emitting Diode adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahayaketika diberi tegangan maju.

·         Cara kerja rangkaian tersebut :
Clock memberikan daya/arus pada IC, arus yang diterima dari clock akan di terusakan oleh IC dan IC tersebut bekerja dengan cara menyala bergantian sesuai dengan prinsip kerjanya dan menyala sesuai dengan arus yang diberikan oleh clock.

·         Kriteria yang terdapat pada IC 4017B

dengan 10 output. Menghasilkan 10 Output yaitu dari Q0 – Q9, memiliki Clock. Clock Enable, Reset dan Carry Out masing– masing terdapat dalam satu pin.

0 komentar:

Posting Komentar