Flip-Flop


Flip-Flop
·       Pengertian rangkaian Flip-Flop

Flip-flop adalah rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan. Prinsip dasar dari flip-flop adalah suatu komponen elektronika dasar seperti transistor, resistor dan dioda yang di rangkai menjadi suatu gerbang logika yang dapat bekerja secara sekuensial.




·       Jenis-jenis rangkaian Flip-Flop

1.    RS Flip flop
Flip flop SR merupakan rangkaian dasar untuk mennyusun berbagai jenis flip flop yang lainnya. flip flop SR disusun dari dua gerbang yang berbeda. yaitu gerbang NAND dan gerbang NOR.


rangkaian RS flip flop NAND




tabel kebenaran RS flip flop NAND



rangkaian RS flip flop NOR





                                       tabel kebenaran RS flip flop NOR


dari dua gambar diatas kita dapat membuat keluaran Q = 1 dengan mengeset flip flop dan membuat keluara Q=0 dengan mereset flip flop dari kondisi stabil.
RS Flip Flop dengan CLOCK
RS flip flop dengan Clock merupakan pengembangan dari RS flip flop dengan menambahkan dua gerbang NAND pada RS flip flop dari gerbang NAND dan gerbang AND. Pada RS flip flop gerbang NOR bertujuan untuk masukan pemicu yang disebut sinyal clock untuk mengubah nilai yang ada.




rangkaian dan tabel kebenaran Rs flip flop dengan Clock gerbang NAND
                               
                                                              


RS Flip flop dengan Clock gerbang NOR
2.    JK Flip Flop
JK flip flop dibetuk dari SR flip flop dengan tambahan gerbang AND pada sisi input SR nya.
Input – input J dan K mengontrol keadaan flip flop dengan cara yang sama seperti input S dan R mengontrol R-S flip flop. bila keadaan J = K = 1 tidak menghasilkan suatu output yang tak menentu. untuk keadaan J = K = 1 ini, flip flop akan selalu masuk dalam keadaan yang berlawanan dengan transisi positif dari sinyal clock.

rangkaian JK flip flop
3.    Master Slave flip flop
Master slave flip flop dibentuk dari dua buah SR flip flop, dimana operasi dari kedua Sr flip slop tersebut dilakukan dengan cara bergantian dengan memberikan input clock yang berlawanan pada kedua SR flip flop tersebut. jika clock diberi input 1, gerbang AND 1 dan 2 aktif, SR flip flop ke 1 akan menerima data yang akan memasukkan melalui J dan K, sementara gerbang AND ke 3 dan ke 4 tidak aktif ( menghasilkan output =0 ) sehingga Sr flip flop ke 2 tidak ada respon.


rangkaian Master Slave flip flop

4.    D flip flop
D flip flop memiliki input yang disebut D (data) serta 2 output yang disebut Q dan Q. pada dasarnya D flip flop diperoleh dari SR flip flop yang salah satu inputnya didapat dengan mengkomplemenkan input yaitu menambahkan satu gerbang NOT pada masukan.


rangkaian D flip flop


·       Perbedaan rangkaian kombinasional dan sekuensial

-   Rangkaian kombinasional terdiri dari gerbang logika yang memiliki output yang selalu tergantung pada kombinasi input yang ada. Rangkaian kombinasional melakukan operasi yang dapat ditentukan secara logika dengan memakai sebuah fungsi boolean.
-   Rangkaian sekuensial merupakan rangkaian logika yang keadaan outputnya tergantung pada keadaan input-inputnya juga tergantung pada keadaan.
-   output sebelumnya. Rangkaian ini juga didefenisikan sebagai rangkaian logika yang outputnya tergantung waktu.

·       Perbedaan dari : Truth table, state table, characteristic table, exitation table serta perbedaan dari Boolean equation, state equation, characteristic equation, flip flop input equation.


-   Turth Table merupakan suatu tabel yang menyajikan beragam kombinasi inputan dari suatu fungsi beserta output yang dihasilkan, dalam penyajianya biasa terdapat potongan-potongan fungsi jika fungsi yang ingin disajian tersebut panjang.
-   State Table merupakan tabel yang menyajikan satu-persatu input, output, dan susunan flip-flop yang ada.
-   Characteristic Table merupakan defenisi dari sifat-sifat logika dari sebuah rangkaian flip-flop dengan menjelaskan operasinya yang disajikan dalam bentuk tabel.
-   Exitation Tabel merupakan tabel yang digunakan untuk menunjukkan input yang digunakan untuk perubahan state awalan.Bagian B
-   Boolean Equation berfungsi untuk mendefenisikan suatu fungsi dalam rangkaian menggunakan bilangan biner yang terdiri angka 0 dan 1 serta symbol operasi logika.
-   State Equation berfungsi untuk menetapkan suatu fungsi dari state lanjutan sebagai sebuah fungsi dari state awalan sebagai fungsi dari state awal dan input.
-   Characteristic Equation berfungsi untuk menjelaskan sifat-sifat logika dari sebuah rangkaian flip-flop (seperti pada Characteristic Table) dalam bentuk aljabar.
-   Flip-flop Input Equation merupakan bagian dari rangkaian yang menghasilkan input untuk ragkaian flip-flop secara aljabar, menggunakan kumpulan fungsi boolean. 

0 komentar:

Posting Komentar